Cara Puasa Syawal dan Keutamaanya


Cara Puasa Syawal dan Keutamaanya
Bulan ramadhan telah kita lewati dengan berpuasa selama satu bulan penuh dan menjalankan ibadah-ibadah lainnya guna menambah pahala dan agar dosa-dosa kita yang telah lalu diampuni oleh Allah SWT. Sekarang umat Islam sedunia merayakan hari raya idul fitri di bulan syawal tepatnya pada tanggal 1 syawal sebagai wujud kemenangan setelah satu bulan kita melawan hawa nafsu dan menjalankan perintah agama yaitu puasa wajib di bulan ramadhan.

Bulan syawal ini kita disunnahkan untuk menjalankan puasa 6 hari. Puasa sunnah ini dimaksudkan untuk menyempurnakan puasa ramadhan yang telah kita kerjakan kemarin. Waktu pengerjaannya adalah selama bulan syawal. Baik itu dikerjakan secara runtut, maupun terpisah. Tapi jangan mengerjakan puasa syawwal pada tanggal 1 syawal ya, karena hari itu adalah hari raya dan haram hukumnya puasa pada hari raya id.

Secara tekstual, tidak ada ulama' yang menyebutkan niat puasa syawal. Kita cukup niat di dalam hati, yaitu niat mengerjakan puasa syawal karena Allah SWT. Seperti halnya saat menjalankan puasa senin kamis.

Mengapa puasa ini sangat dianjurkan? Karena puasa syawal mempunyai banyak keistimewaan, diantaranya sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW pada hadits berikut:
 
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Juga yang menjadi keutamaan puasa 6 hari di bulan syawal adalah untuk menyempurnakan puasa pada ramadhan lalu. Jika mungkin saja kita pada puasa ramadhan kemarin telah melakukan hal-hal yang tidak disenagi sehingga membuat puasa kita kurang sempurna, maka dengan puasa syawal kita menyempurnakannya. Ibaratnya seperti shalat rawatib, untuk menyempurnakan shalat fardhu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
9 Mei 2017 15.20 delete

Assalamu'alaikum.. permisi.. bolehkah saya bertanya?

Reply
avatar